Wednesday, March 30, 2011

Tips Pemakaian Laptop Agar Lebih Awet

Laptop atau Notebook adalah komputer mobile yang praktis dibawa kemana-mana. Karena Laptop tsb sering dibawa kemana-mama, maka dari itu kita harus mengetahui cara pemakaian Laptop yang baik dan benar agar laptop kesayangan kita lebih tahan lama dan kinerjanya tetap berjalan dengan baik.
Berikut ini beberapa tips agar laptop bisa awet dan tahan lama, yaitu:

1. Kenali Spek Laptop Anda
Dengan mengenal spesifikasi laptop, kita bisa mengetahui program apa yang dapat di install kedalam laptop. Jangan menginstal Program yang berat dan membutuhkan memori dan daya kerja prosessor menjadi berat, hal itu akan mengakibatkan processor akan cepat bertambah panas dan hasilnya dapat membuat processor menjadi rusak.

2. Lamanya Pemakaian
Pemakaian laptop yang lama akan mengakibatkan panas pada komponennya, sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Gunakan software untuk menampilkan suhu temperatur Hardisk/Processor. Dengan software tersebut akan memperingatkan kita bila temperatur sudah melewati temperatur Normal. Nama Softwarenya PC Wizard 2008. Bila anda mendapatkan peringatan temperatur komponen komputer anda sudah melalui batas normal simpan pekerjaan anda dan matikan laptopnya.

3. Pemakaian Laptop Terhubung dengan Listrik
Bila anda memakai laptop dengan daya listrik (Bukan Baterai) sebaiknya batrerai laptop dilepas agar daya tahan batre akan semakin lama. Karena bila laptop tersambung ke Listrik maka pada laptop terjadi proses charger baterai dan daya yang di pakai oleh leptop adalah daya baterai jadi baterai tetap mengisi selama pemakaian.

4. Gunakan Fan Pendingin
Bila pekerjaan anda membutuhkan waktu yang lama, gunakan fan pendingin, agar komponen laptop anda tetap pada suhu normal, sehingga tidak terjadi kerusakan pada komponen komputer anda.

5. Monitor Laptop
Monitor LCD Laptop mempunyai waktu batas pemakaian biasanya setelah pemakaian sekitar 350000 jam maka LCD monitor laptop akan buram dan tidak fokus, jadi kalau laptop di hidupkan dan harus ditinggal sebentar sebaiknya layar monitor Laptop di matikan dengan menggunakan FN (Function) Monitor (Pengalihan Layar monitor LCD laptop ke VGA Out)

6. Pemakaian Laptop saat hidup/On
Pemakaian laptop hendaklah stabil jangan ada goncangan atau bergerak-gerak dan berpindah-pindah pada saat laptop dioperasikan, karena guncangan dapat mengakibatkan head track hardisk yang sedang membaca data akan menggores piringan Hardisk sehingga dapat mengakibatkan Bad sactor, dengan demikian akan mengakibatkan kerusakan hardisk, sehingga data anda yang ada di laptoppun bisa hilang.

7. Penyimpanan yang aman
Simpanlah laptop anda di tempat yang aman agar jangan terkena debu atau  air, karena debu atau air dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop.

8. Pastikan pada saat hendak menghubungkan laptop ke listrik posisi laptop sebaiknya mati, supaya jangan terjadi kejutan listrik pada baterai, karena ketika laptop anda sedang beroperasi baterai sedang bekerja memberikan daya kepada laptop dan bila tiba2 terjadi hubungan ke listrik akan memberikan kejutan daya listrik pada baterai sehingga membuat baterai anda daya tahannya akan melemah.

9. Bila laptop anda mengalami kerusakan, hendaklah dibawa ke service centernya, jangan membawa ketempat service sembarangan.

10. Jauhkan laptop anda dari anak-anak

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat..!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.