Friday, July 8, 2016

Manakah Yang Lebih Baik Antara Google Drive, Dropbox dan OneDrive?

Akses penyimpanan di awan (cloud) saat ini mulai menjadi kebutuhan sehari-hari baik untuk kebutuhan dalam pekerjaan atau hanya untuk bermain-main. Terdapat 3 layanan penyimpanan di awan yang paling populer untuk saat ini yaitu Google Drive, Dropbox, dan One Drive. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda mana yang terbaik dari layanan tersebut.

Disini kita mencoba melihat 3 layanan tersebut dari beberapa sisi :

Harga dan Kapasitas Penyimpanan

Google Drive: menyediakan 15GB penyimpanan gratis (sudah termasuk penyimpanan untuk GMAIL). Versi berbayar dimulai dari harga $2/bulan dengan kapasitas 100GB sampai $300/bulan dengan kapasitas 30TB.

Dropbox: menyediakan penyimpanan gratis sebesar 2GB jika kamu memiliki akun Dropbox. Sedangkan untuk upgrade ke versi pro dikenakan biaya $10/bulan dan untuk versi bisnis dikenakan biaya $15/bulan yang berkapasitas mulai dari 1TB.

OneDrive: menyediakan penyimpanan gratis jika kamu memiliki akun Microsoft. Jika kamu sebelumnya sudah berlangganan Office 365, kamu akan langsung mendapatkan kapasitas sebesar 1TB. Tapi jika kamu bukan pelanggan Office 365. kamu bisa menambahkan kapasitas penyimpanan kamu yang dimulai dari harga $2/Bulan untuk kapasitas sebesar 50GB.

Sinkronisasi File

Untuk masalah sinkronisasi ketiga layanan ini baik Google Drive, Dropbox, dan One Drive sangat mudah digunakan seperti :
1. Dapat diakses menggunakan browser, aplikasi dekstop, maupun aplikasi mobile.
2. Berbagi file mudah dilakukan melalui link maupun undangan email.

Keamanan


Dari segi keamanan Google Drive, Dropbox, dan OneDrive bisa dibilang sama saja, tergantung kita sebagai pengguna layanan mereka untuk terus melakukan pengamanan diri saat membuka atau mengakses file di awan (cloud).

Jika harus memilih mana yang terbaik diantara ketiga layanan penyimpanan file di awan memang terbilang sulit semua orang punya pendapat yang berbeda-beda. Pengguna layanan Google akan lebih baik jika menggunakan Google Drive, begitupun pengguna layanan Microsoft lebih baik menggunakan OneDrive. Tetapi jika kamu tidak tergantung pada platform lebih baik menggunakan Dropbox karena lebih universal untuk kamu gunakan di platform apapun. Jika kamu masih bingung menentukan pilihan tidak ada salahnya untuk menggunakan ketiga layanan tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.