Saturday, December 2, 2017

Cara Membuat Bootable USB Windows kedalam FlashDisk dengan Rufus



Sebelum membuat bootable USB Windows XP kedalam FlashDisk, sbaiknya kita mengenal lebih detail Software Gratis Rufus. Rufus adalah sebuah aplikasi portable yang berguna untuk membuat bootable USB bagi Windows semua versi atau Linux. Cara penggunaanya hampir mirip dengan YUMI. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa menginstall Windows melalui USB apabila perangkat komputer kamu tidak memiliki CD/DVD-ROM. 

Sekarang saya berbagi cara untuk membuat USB Bootable Windows XP, 7, 8/8.1 dan juga Windows 10. Rufus support untuk membuat bootable DLC Boot atau Boot Sergei StrelecRufus juga sudah support Bahasa Indonesia.

Berikut tutorial cara membuat bootable USB Windows XP kedalam FlashDisk :
1. Download terlebih dahulu aplikasi rufus melalui situs resminya disini

2. Jalankan rufus sebagai admin, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Tampilan dibawah adalah tampilan default Rufus.

  • Device : menunjukan nama FlashDisk.
  • Paritition Scheme & Target System Type : menu ini menunjukan jenis partisi apa yang akan di install Windows dengan Rufus. Apakah support BIOS / UEFI.
  • File System : Jenis sistem file yang digunakan pada flashdisk. Flashdisk biasanya memiliki file System FAT32 atau NTFS ( bebas )



3. Setelah itu cari file ISO Windows yang ingin di buat bootable, dalam contoh ini kita coba membuat bootable Windows XP. klik pada gambar DVD-ROM seperti dibawah ini.



4. Tunggu sementara, karena Rufus sedang mengecek file ISO yang digunakan.



5. Saya melakukan settingan terhadap FlashDisk saya seperti gambar dibawah ini, dan jika sudah OK, kalian bisa klik Start.


6. Klik OK untuk memulai proses pembuatan bootable USB FD






7. Finish, flashdisk sudah siap digunakan sebagai USB Bootable.



Semoga Bermanfaat..!!!!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.