Saturday, December 11, 2010

Cara setting Email Gmail di Outlook Express

Kali ini saya akan membahas cara setting Email dari Google di Outlook Express. Penggunaan Webmail di Gmail yang berkelanjutan dan terus menerus, seringkali membuat kita agak kerepotan karena mesti bolak-balik konek ke internet agar bisa cek email. Untuk itu, ada baiknya email account di Gmail kita setup di program email yang menggunakan basis POP, seperti Outlook Exprees. Caranya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan, walaupun anda seorang pemula. Nah..adapun langkah-langkahnya sbb:
1. Pastikan POP email account di Gmail sudah aktif (Enable POP in your email account).  Jangan lupa klik Save Changes jika sudah di setting.
2. Buka Program Outlook Express.
3. Klik menu Tools, pilih Accounts...
4. Klik Mail, kemudian klik Add, Mail...
5. Ketik nama anda di Display name, terus klik Next.
6. Ketik nama lengkap Gmail email address (username@gmail.com) di Email address, kemudian klik Next. Google Apps users, ketik full address dgn format 'username@your_domain.com.'
7. Ketik pop.googlemail.com di Incoming mail (POP3, IMAP atau HTTP) server. Ketik smtp.googlemail.com di Outgoing mail (SMTP) server. Google Apps users,masukkan nama server yang disediakan; jangan menambahkan nama domain anda pada langkah ini.
8. Klik Next.
9. Masukkan alamat email lengkap Anda (termasuk '@ gmail.com' atau '@ your_domain.com') di Account name. Masukkan password pada email Anda Password, dan klik Next.
10. Klik Finish.
11. Sorot pop.googlemail.com dibawah Account, dan klik Properties
12. Klik tab Advanced.
13. Isi informasi berikut: *
      * Centang kotak, Server ini membutuhkan koneksi aman (SSL) dibawah Outgoing Mail (SMTP).
      * Masukkan 465 pada Outgoing mail (SMTP)
      * Di bawah Outgoing Mail (SMTP), centang kotak,  Server ini membutuhkan koneksi aman (SSL).
      * Di bawah Incoming mail (POP3), centang kotak,  Server ini membutuhkan koneksi aman (SSL). Port akan berubah menjadi 995. Urutan Outgoing dan Incoming mail server bervariasi menurut versi bidang. Pastikan Anda memasukkan informasi yang benar di setiap bidang.
14. Kembali ke tab Servers, dan centang kotak di sebelah ke My server requires authentication.
15. Klik OK

Selamat mencoba..!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.